Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan UTBK dan SBMPTN


Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK adalah mekanisme yang telah dirancang oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT untuk calon mahasiswa baru yang ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri. UTBK juga termasuk dalam rangkaian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN.

Peserta yang mengikuti seleksi UTBK haruslah bekerja keras, karena persaingan sangatlah ketat dan jumlah peserta yang mengikuti seleksi sangatlah banyak. LTMPT mengadakan UTBK dalam SBMPTN memiliki tujuan yang jelas.

Tujuan UTBK

1. Memprediksi Calon Mahasiswa Baru

UTBK diselenggarakan dengan tujuan memprediksi para calon mahasiswa baru yang dianggap mampu untuk menyelesaikan perkuliahan di perguruan tinggi negeri dengan tepat waktu dan baik.

2. Tes Fleksibel

UTBK juga memberikan kesempatan kepada para calon mahasiswa baru supaya bisa mengikuti tes masuk PTN tanpa ada batasan waktu tes dan lokasi yang diinginkan. Misalnya anda berada di Sulawesi dan anda ingin berkuliah di PTN Jawa Barat, maka anda bisa mengikuti proses seleksi SBMPTN. 

Tujuan SBMPTN

1. Seleksi

SBMPTN memang dimaksudkan untuk menyeleksi para calon mahasiswa baru yang dianggap akan mampu mengikuti perkuliatan di PTN dengan baik dan bisa lulus tepat waktu. Penentuan kelulusan didasarkan pada hasil UTNK dengan berbagai kriteria tambahan lainnya sesuai PTN.

2. Kesempatan

SBMPTN diselenggarakan untuk memberikan kesempatan yang luas terhadap calon mahasiswa baru untuk memilih PTN, Politeknik Negeri dan PTKIN dengan lintas wilayah. Proses seleksi akan dilakukan dengan transparan, sehingga tidak akan ada tindakan-tindakan curang dalam proses seleksi.

3. Acuan Nilai Akademik dan Prestasi Lain

SBMPTN memang sangatlah membantu pihak PTN untuk menemukan calon mahasiswa yang memiliki nilai akademik baik dan memiliki beberapa prestasi lainnya.

Sekian bahasan lengkap mengenai Tujuan UTBK dan SBMPTN. Semoga semua bahasan yang dijabarkan menjadi referensi terbaik dan bermanfaat untuk para pembaca.

Post a Comment for "Tujuan UTBK dan SBMPTN"