Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketentuan Umum UTBK-SBMPTN 2021


Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN sejak tahun 2019 memang telah menggunakan konsep Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK dan penyelenggaraan UTBK akan diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT.

LTMPT memang menjadi lembaga terbaik yang mampu menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi dengan adil dan berkualitas. LTMPT biasanya akan memberikan hasil tes yang terstandar dan kredibel, sehingga LTMPT menjadi lembaga yang sangat bisa dipercaya.

Untuk bisa mengikuti berbagai proses SBMPTN, tentu para siswa harus menjalankan berbagai aturan yang berlaku. Ketentuan umum harus diikuti, agar semua proses bisa berjalan dengan lancar dan siswa berpeluang lolos seleksi. 

Ketentuan Umum UTBK-SBMPTN 2021

1. Satu Kali Seleksi

Para peserta yang mengikuti kegiatan seleksi hanya bisa mengikuti UTBK 2021 sebanyak satu kali. Apabila peserta gagal lolos seleksi, maka bisa mengikuti proses yang sama di tahun depan atau bisa mengikuti proses masuk perguruan tinggi negeri dengan cara yang lain.

2. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk mengikuti SBMPTN 2021

Pada dasarnya, peserta yang berhasil lolos UTBK 2021 berhak mengikuti proses seleksi SBMPTN 2021 dan penerimaan di perguruan tinggi negeri, politeknik negeri dan PTKIN tahun 2021. Proses seleksi UTBK tentu akan berlangsung dengan ketat, karena jumlah peserta seleksi pastilah snagat banyak.

3. SBMPTN 2021 Berdasarkan UTBK dan Kriteria Khusus

Secara umum, SBMPTN 2021 akan berlandaskan hasil dari UTBK 2021 dan bisa ditambah dengan berbagai kriteria khusus yang ditetapkan oleh pihak PTN. Dengan berbagai ketentuan umum yang diberlakukan, tentu diharapkan para peserta harus mematuhinya.

LTMPT akan membangun proses seleksi yang tepat, sehingga akan memperkecil peluang terjadinya kecurangan-kecurangan. Apabila ada siswa yang tidak memenuhi persyaratan dan ada indikasi merubah data pribadi, maka tidak akan diberikan kesempatan untuk seleksi.

Ketentuan waktu pelaksanaan juga akan dibatasi, sehingga para calon peserta juga harus jeli dalam melihat informasi.

Sekian pembahasan singkat mengenai Ketentuan Umum UTBK-SBMPTN 2021 dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Post a Comment for "Ketentuan Umum UTBK-SBMPTN 2021"