Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketentuan Terhadap Pembiayaan UTBK Bagi Peserta


Memilih perguruan tinggi negeri negeri memang sangat sah untuk dilakukan, karena biaya kuliah di kampus negeri biasanya lebih terjangkau. Jika anda berkuliah di PTN, maka data anda akan dengan cepat tercatat di Dikti.

Kampus negeri biasanya memiliki prospek kerja lulusan yang menjanjinkan dibandingkan dengan lulusan kampus swasta. Dosen yang mengajar di kampus negeri biasanya sudah sangat kompeten dengan bidang yang diajarkan dan dosennya dipilih dari lulusan terbaik.

Peluang untuk mendapatkan beasiswa juga sangatlah banyak di PTN, sehingga anda bisa berkuliah dengan biaya yang lebih ringan. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN adalah salah satu cara untuk masuk ke PTN dengan jalur bantuan beasiswa, sehingga biaya kuliah anda menjadi lebih kecil.

Untuk bisa lulus SBMPTN, maka anda harus bisa lolos dalam tahapan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Untuk menjalankan proses UTBK juga membutuhkan biaya dan untuk lolosnya diperlukan kerja keras, karena persaingan sangat ketat.

Ketentuan Terhadap Pembiayaan UTBK Bagi Peserta 

1. Ujian Saintek atau Soshum

Untuk anda yang mengikuti kelompok ujian Saintek atau Soshum, maka biaya yang perlu dikeluarkan adalah Rp 200.000.

2. Ujian Campuran

Apabila anda memilih kelompok ujian campuran, maka biaya yang diperlukan adalah Rp 300.000.

3. Pembayaran

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT memberikan informasi bahwa pembayaran bisa di transfer ke beberapa bank meliputi bank Mandiri, BTN, BNI dan BRI.

4. Biaya yang Dibayarkan

LTMPT membuat aturan yang jelas bahwa biaya yang sudah terlanjur di bayarkan tidak bisa ditarik kembali dengan berbagai alasan apapun.

5. Peserta KIP Kuliah

Bagi anda yang berhasil lolos persyaratan dan memiliki Kartu Indonesia Pintar atau KIP kuliah, maka tidak akan dipungut biaya. Dengan menggunakan KIP kuliah, maka anda bisa mendapatkan berbagai bantuan dari pemerinntah.

Demikian bahasan singkat mengenai Ketentuan Terhadap Pembiayaan UTBK Bagi Peserta dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.


Post a Comment for "Ketentuan Terhadap Pembiayaan UTBK Bagi Peserta"