Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT memang telah membangun sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN dengan sangat baik. Seleksi akan didasarkan dari hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK.

Para peserta seleksi akan saling bersaing untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri favorit. Persaingan akan bersikap terbuka, karena siapapun dan darimanapun lokasi peserta bisa mengikuti seleksi.

Ketika mengikuti seleksi, tentu peserta harus memilih program studi yang diinginkan di suatu PTN dan untuk menemtukannya, pasti ada beberapa ketentuan yang berlaku.  

Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi

1. Dibagi 2 Kelompok

Program studi yang ada di perguruan tinggi negeri, politeknik negeri dan PTKIN memang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Sains & Teknologi serta Sosial & Humaniora. 

2. Memilih Program Studi

Semua calon mahasiswa bisa memilih program studi dari PTN sesuai dengan keinginan. Pastikan memilih program studi sesuai dengan kesukaan dan kemampuan, agar bisa mengikuti seleksi dengan lancar.

3. Paling Banyak Memilih 2 Program studi

Apabila anda memilih 2 program studi dari kelompok Saintek, maka anda akan mengikuti ujian dalam kelompok Saintek. Jika anda memiliki 2 program studi dari kelompok Soshum, maka anda bisa mengikuti proses ujian dalam kelompok Soshum.

Ketika anda memutuskan untuk 2 program studi yang berasal dari kelompok Saintek dan Soshum, maka para peserta akan mengikuti kelompok ujian campuran. Para peserta juga bisa memilih 2 program studi yang lintas PTN. Pada dasarnya, urutan dalam pemilihan program studi akan menyatakan mengenai prioritas studi yang anda pilih.

4. Pemilihan Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi

Para calon mahasiswa yang bisa memilih program studi kedokteran dan kedokteran gigi hanyalah lulusan sekolah menengah atau MA yang memiliki jurusan ilmu pengetahuan alam atau IPA.

5. Syarat PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri 2021

Secara umum, daya tampung dan syarat per PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri 2021 bisa dilihat di sub menu Daftar PTN dan Poltek.

Demikian bahasan singkat mengenai Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi. Semoga semua bahasannya bisa menjadi referensi terbaik untuk para pembaca.





Post a Comment for "Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi"