Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Pendaftaran UTBK-SBMPTN Bagi Pemegang Nomor Pendaftaran KIP Kuliah


Pemerintah Indonesia memang memiliki fokus yang sangat tinggi terhadap dunia pendidikan Indonesia. Salah satu bukti nyata upaya pemerintah untuk meningkatkan taraf pendidikan dengan adanya Kartu Indonesia Pintar atau KIP kuliah.

KIP kuliah adalah salah satu penjaminan pemerintah bagi mahasiswa yang kondisi ekonominya rendah, namun memiliki prestasi akademik yang bagus. Pemerintah memberikan jaminan pembebasan biaya kuliah dan bantuan hidup untuk bulanan. 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT memberikan fasilitas khusus buat para siswa yang ingin mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN. Peserta bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor KIP Kuliah. 

Informasi Pendaftaran UTBK-SBMPTN Bagi Pemegang Nomor Pendaftaran KIP Kuliah

1. Nomor KIP Tidak Muncul Dalam Proses Pendaftaran

Apabila anda sudah punya nomor KIP kuliah, namun nomor tidak muncul dalam proses pendaftaran dan sulit mendaftar, maka jangan lanjutkan pendaftaran. Jika muncul slip pembayaran, maka janganlah melakukan proses pembayaran.

Kejadian ini harus segera dilaporkan ke Puslapdik dengan mengakses laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Lalu anda tinggal login untuk mendaftar dan pastikan bahwa KIP kuliah anda sudah muncul.

2. Terlanjur Membayar

Ketika anda sudah terlanjur melakukan pembayaran biaya daftar, maka biaya tersebut tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Namun status anda sebagai pemegang nomor KIP kuliah masih tetap berlaku.

3. Informasi Lanjutan

Untuk informasi seputar KIP Kuliah dapat langsung menghubungi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau mengakses sosial media @puslapdik_dikbud. 

Demikian ulasan singkat mengenai Informasi Pendaftaran UTBK-SBMPTN Bagi Pemegang Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.

Post a Comment for "Informasi Pendaftaran UTBK-SBMPTN Bagi Pemegang Nomor Pendaftaran KIP Kuliah"