Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu UTBK-SBMPTN?


Kuliah merupakan jenjang pendidikan yang diinginkan banyak lulusan Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan, karena kuliah dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dibanding dengan SMA atau SMK.

Banyak siswa yang memimpikan masuk ke perguruan tinggi negeri, karena PTN lebih berkualitas dari segi kualitas pendidikan. Namun untuk masuk PTN bukanlah perkara yang mudah, karena persaingan sangatlah tinggi.

Salah satu jalur yang bisa dipilih para siswa untuk masuk ke PTN yaitu melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Apabila berhasil masuk melalui jalur SBMPTN, maka ada beberapa keistimewaan yang siswa rasakan. Sebelum masuk ke proses seleksi, para siswa juga harus memahami dulu dasar tentang SBMPTN.

Sekilas Tentang UTBK-SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN adalah salah satu cara atau jalur masuk perguruan tinggi yang paling kompetitif, karena memakai format Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Dalam SBMPTN juga ada beberapa kriteria lain dan biasanya tergantung dari perguruan tingginya.

Pelaksanaan UTBK 2021 hanya bisa diikuti oleh siswa yang lulus pada tahun 2019, 2020 dan 2021, sehingga siswa yang lulus pada tahun 2018 ke bawah tidak bisa mengikuti proses seleksi.

Para siswa lulusan paket C tahun 2019, 2020 dan 2021 juga bisa mengikuti proses seleksi dan usia maksimalnya adalah 25 tahun per tanggal 1 Juli 2021. Bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas atau SMA di luar negeri, maka harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

Pada dasarnya, keikutsertaan dalam UTBK adalah syarat yang utama buat mengikuti seleksi masuk PTN, Politeknik Negeri dan PTKIN. Para siswa akan saling bersaing untuk mendapatkan nilai terbaik untuk bisa lulus seleksi.

Peserta seleksi juga tidak terbatas dari lulusan SMA atau SMK negeri saja, karena dari lulusan sekolah swasta juga bisa mengikuti proses seleksi. Siswa lulusan SMA negeri atau swasta akan diberlakukan sama dan akan dianggap sama, sehingga persaingan sehat akan terjadi dengan sendirinya.

Demikian bahasan singkat mengenai Sekilas Tentang UTBK-SBMPTN dan semoga semua bahasan yang dilakukan bermanfaat untuk para pembaca.

Post a Comment for "Apa Itu UTBK-SBMPTN?"