Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021

Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021


Lulus SNMPTN 2021 memang menjadi keinginan banyak siswa, karena para siswa bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya yang lebih rendah. Untuk bisa lulus SNMPTN 2021, maka ada berbagai tahap pendaftaran yang perlu dilalui dengan baik dan benar.


Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021


Pengumuman pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN memang telah dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Pengumuman ditujukan untuk sekolah yang memiliki akreditasi dan jumlah siswa yang sesuai aturan. 


Buat sekolah yang belum memiliki akun LTMPT, maka wajib melakukan registrasi akun LTMPT dengan mengakses situs https://portal.ltmpt.ac.id. Setiap sekolah harus menyertakan berbagai persyaratan, supaya bisa memiliki akun LTMPT.


Untuk siswa yang ingin melakukan registrasi akun LTMPT, maka siswa tersebut wajib kelas 12 dan untuk memproses akunnya harus mengakses situs https://portal.ltmpt.ac.id. 


Sekolah harus menentukan calon peserta SNMPTN 2021 yang didasarkan dari data LTMPT dari jumlah siswa dan akreditasi yang ada di Dapodik-PUSDATIN Kemdikbud atau EMIS-Pendis Kemenag. Lalu sekolah harus melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS.   


Proses Pendaftaran SNMPTN 2021


Siswa diharuskan untuk memilih Perguruan Tinggi Negeri atau PTN pilihan dan program studi yang diinginkan. Pendaftar bisa memilih 2 PTN sekaligus yaitu PTN yang dekat dengan domisili dan PTN yang sesuai keinginan, meskipun lokasinya berada di provinsi lain.


Bagi para siswa yang memilih studi di bidang olahraga dan seni, maka harus menyertakan atau mengupload portofolio. Pastikan portofolio dibuat dengan menarik dan berkualitas. Seleksi SNMPTN 2021 akan dilakukan sesuai dengan kriteria dari masing-masing PTN.


Pengumuman Hasil SNMPTN


Apabila siswa sudah dinyatakan lulus, maka siswa harus melakukan daftar ulang dan ketentuan daftar ulang sesuai dengan PTN yang dituju. Untuk bisa lulus menjadi mahasiswa atau mahasiswi di PTN melalui jalur SNMPTN 2021, maka diperlukan usaha dan kerja keras yang tinggi.


Sekian pembahasan mengenai Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021 dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.


Post a Comment for "Tahap Pendaftaran SNMPTN 2021"