Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswa Eligible Untuk Ikuti SNMPTN 2021

Siswa Eligible Untuk Ikuti SNMPTN 2021


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang diperuntukkan untuk siswa yang eligible dan penentuan eligible dilakukan oleh pihak sekolah.


Sekilas Tentang Eligible


Siswa eligible yaitu siswa yang dinyatakan layak untuk mengikuti SNMPTN 2021 dan penilaian eligible yang paling utama yaitu dari prestasi akademik siswa.


SNMPTN 2021 diselenggarakan untuk mencari siswa yang unggul dan berprestasi di setiap sekolah. Jalur SNMPTN setiap sekolah sangat ditentukan oleh 2 hal yaitu berkaitan dengan akreditasi suatu sekolah dan jumlah siswa dalam suatu sekolah. Dua hal tersebut akan menentukan jumlah kuota siswa yang layak dalam mengikuti SNMPTN.


Tidak semua siswa eligible di setiap sekolah harus didaftarkan mengikuti SNMPTN, karena akan ada siswa yang memilih perguruan tinggi swasta atau memutuskan kuliah di luar negeri.


Siswa yang tidak didaftarkan dalam seleksi SNMPTN, maka kuotanya bisa dialihkan ke siswa berprestasi lainnya. Siswa yang dipilih untuk mengikuti seleksi SNMPTN adalah siswa yang disebut dengan eligible.  


Pihak sekolah juga bisa melakukan pengecekan data siswa dan status sekolah di Pusat Data dan Informasi atau Pusdatin. Apabila ada berbagai data yang salah, maka pihak sekolah harus segera melakukan perbaikan. Data siswa akan sangat berpengaruh dalam penentuan kuota masing-masing sekolah untuk mendapatkan siswanya di SNMPTN.


Setiap sekolah yang akan mendaftarkan para siswanya dalam SNMPTN harus sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN. Sekolah dengan akreditasi A bisa daftarkan 40 persen siswa terbaiknya, kemudian sekolah dengan akreditasi B bisa mendaftarkan 25 persen siswa berprestasi dan untuk sekolah dengan akreditasi C bisa mendaftarkan 5 persen siswa terbaiknya.


Setiap sekolah harus mengisikan data siswa dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS dan data PDSS akan dijadikan acuan dalam penentuan siswa yang ikuti seleksi SNMPTN 2021. 


Itulah bahasan lengkap mengenai Siswa Eligible Untuk Ikuti SNMPTN 2021 dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembaca artikel ini.




 



Post a Comment for "Siswa Eligible Untuk Ikuti SNMPTN 2021 "