Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persyaratan SNMPTN 2021

Persyaratan SNMPTN 2021


Kuliah di perguruan tinggi negeri merupakan keinginan semua lulusan sekolah, karena PTN negeri akan memiliki kualitas pendidikan yang bagus. Namun untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri, tentu bukanlah hal yang mudah.


Ada berbagai cara yang bisa ditempuh dan salah satunya dengan mengikuti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN. Tidak hanya persyarakat siswa saja, namun juga ada persyaratan sekolah yang boleh mengikutkan siswanya ikut seleksi SNMPTN 2021.


Persyaratan Sekolah


Sekolah Menengah Atas atau sederajat harus sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN. Untuk sekolah dengan akreditasi A, maka bisa mengikutkan 40 siswa terbaik dalam proses seleksi. Untuk sekolah dengan akreditasi B, jumlah siswa terbaik yang bisa ikut seleksi sekitar 25% dan untuk sekolah dengan akreditasi C, maka bisa mengikutkan 5% siswa berprestasi. 


Sekolah harus memasukan data siswa berprestasi ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS dan semua data yang dimasukan dalam PDSS haruslah data yang benar. 


Persyaratan Peserta


Peserta atau siswa yang boleh mengikuti seleksi SNMPTN 2021 adalah para siswa yang unggul atau berprestasi. Siswa juga harus memiliki Nilai Induk Siswa Nasional atau NISN dan sudah didaftarkan pihak sekolah di PDSS.


Nilai rapor yang dimasukan pihak sekolah ke PDSS adalah nilai semester 1 sampai 5. Buat siswa yang ingin memilih program studi olahraga dan seni harus upload atau unggah portofolio.


Pilihan Program Studi


Dalam SNMPTN 2021, setiap siswa yang ingin mendaftar boleh memilih 2 program studi sekaligus. Satu PTN bisa dipilih sesuai dengan domisili atau PTN terdekat dan satu PTN bisa dipilih sesuai dengan keinginan, meskipun berada di provinsi manapun.


Pastikan siswa tidak melakukan pemilihan lintas minat dan hal ini tergantung dari PTN yang dituju. Dengan memperhatikan berbagai persyaratan SNMPTN 2021, maka peluang untuk lolos seleksi menjadi terbuka dan semakin besar.


Sekian bahasan lengkap mengenai Persyaratan SNMPTN 2021 dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.








Post a Comment for "Persyaratan SNMPTN 2021"