Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal SNMPTN 2021

Jadwal SNMPTN 2021


Banyak sekali siswa lulusan sekolah menengah atas atau sederajat yang menantikan pengumuman mengenai pelaksanaan SNMPTN, karena para calon mahasiswa akan diuntungkan dengan program SNMPTN. Tidak hanya soal biaya yang akan lebih ringan, namun kamu juga akan memiliki waktu persiapan yang lebih panjang untuk menghadapi kuliah.


Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT telah mengumumkan mengenai jadwal pelaksanaan SNMPTN 2021 dan pengumuman jadwal tentu disambut antusias oleh para siswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri.


Sekilas Tentang SNMPTN 2021


SNMPTN merupakan salah satu cara seleksi untuk bisa masuk ke PTN dan penilaian didasarkan pada prestasi akademik dari calon mahasiswa. Data prestasi akademik bisa didukung atau ditunjang dengan berbagai prestasi lainnya.


Namun kamu harus bisa menyusun prestasi selain akademik menjadi sebuah portofolio yang meyakinkan dan berkualitas. Kriteria seleksi memang tergantung dari masing-masing PTN, sehingga tidak akan sama. SNMPTN sering disebut sebagai jalur masuk TPN negeri tanpa melalui proses tes.


Sekilas Tentang LTMPT


Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT yaitu sebuah lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan seleksi masuk PTN dan LTMPT telah menyelenggarakan seleksi sejak tahun 2019. LTMPT tidak hanya menyelenggarakan seleksi SNMPTN, namun juga SBMPTN.


Dalam proses penerimaan SNMPTN, maka LTMPT akan mengelola proses pendaftaran SNMPTN. Sedangkan untuk proses SBMPTN, LTMPT akan mengelola Ujian Tulis Berbasis Kompetensi atau UTBK.


Jadwal SNMPTN 2021


Pada 4 Januari 2021, maka resmi diluncurkan sistem penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 dan pada tanggal 4 Januari sampai dengan 1 Februari 2021 merupakan waktu registrasi akun LTMPT.


Pada tanggal 4 Januari sampai 8 Februari 2021 adalah waktu penetapan siswa yang telah memenuhi syarat eligible oleh pihak sekolah. Pada tanggal 11 Januari sampai 8 Februari proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS.


Pada tanggal 15 sampai 24 Februari 2021 adalah pendaftaran SNMPTN dan pada tanggal 22 maret 2021 adalah waktu pengumuman hasil SNMPTN.


Demikian ulasan lengkap mengenai Jadwal SNMPTN 2021 dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.





 

Post a Comment for "Jadwal SNMPTN 2021"