Tips mengerjakan soal Ujian Nasional agar Mendapatkan Nilai yang Baik

Image by StockSnap from Pixabay 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan nilai Ujian Nasional yang baik. Salah satu caranya adalah dengan mengerjakan soal ujian dengan sebaik-baiknya. Dengan mengerjakannya dengan baik maka kamu juga akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Jadi, kali ini penulis ingin membagikan beberapa tips mengerjakan soal Ujian Nasional yang bisa kamu jadikan salah satu referensimu. Berikut tipsnya :

Kerjakan Soal yang Paling Mudah terlebih Dahulu

Tips yang pertama adalah dengan mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu. Setiap soal Ujian Nasional memiliki bobot nilai yang sama bahkan antara soal yang termudah dan tersulit sekalipun. Jadi, ada baiknya kamu mengerjakan soal yang menurutmu paling mudah terlebih dahulu.

Mengerjakan soal yang sulit justru akan membuang banyak waktumu sehingga kamu bisa saja kehabisan waktu dan tak sempat menyelesaikan soal lainnya. Selain itu, soal dengan tingkat kesulitan mudah memiliki porsi yang lebih banyak dibandingkan soal dengan tingkat kesulitan tinggi.

Teliti dan Fokus

Saat mengerjakan soal Ujian Nasional kamu dituntut harus teliti dan fokus. Jangan sampai kamu salah melingkari soal atau salah klik (jika Ujian Nasional berbasis UNBK) jawaban. Salah klik jawaban tersebut tentunya akan sangat merugikanmu karena kamu akan kehilangan poin nilai.

Ketelitian juga sangat diperlukan, apalagi untuk mata pelajaran Matematika di mana kamu dituntut untuk lebih teliti. Bacalah soal dengan saksama dan pahami maksudnya dengan baik karena biasanya ada pertanyaan jebakan yang akan membuatmu bingung padahal penyelesaiannya sangat sederhana. Dalam hal ini kamu memerlukan kemampuan untuk menafsirkan soal dengan baik. Tanpa kemampuan tersebut, kamu akan mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal dan menemukan jawaban yang paling tepat.

Baca Pertanyaan Terlebih Dahulu (Terutama Soal Uraian)

Di dalam mata pelajaran terutama Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kamu akan menemui soal berupa uraian panjang. Tips mengerjakan soal Ujian Nasional yang memiliki tipe seperti ini adalah dengan membaca pertanyaannya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menghemat waktu.

Membaca pertanyaannya terlebih dahulu akan mengarahkan fokusmu pada bagian uraian yang mengandung jawaban dari pertanyaan tersebut. Jika kamu membaca uraian tersebut terlebih dahulu baru membaca pertanyaannya maka kamu harus mengulangi membaca uraian tersebut lagi dari awal untuk menemukan jawaban yang sebenarnya sudah kamu baca sebelumnya.

Jangan Bertanya pada Teman

Tips mengerjakan Ujian Nasional yang selanjutnya adalah kerjakan sendiri jangan bertanya pada teman. hal tersebut merupakan salah satu bentuk kecurangan dalam mengerjakan Ujian Nasional. Kamu harus mengerjakan soal ujianmu sendiri tanpa bantuan orang lain agar mendapatkan nilai yang murni.

Bertanya pada teman tak akan memberikan jaminan kamu akan mendapatkan jawaban yang benar. Bahkan terkadang jawaban milikmu sendirilah yang benar. Bertanya hanya akan membuatmu ragu dengan jawaban milikmu sendiri.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mengerjakan soal Ujian Nasional yang bisa Penulis bagikan. Selain memerhatikan hal di atas ada baiknya kamu jua berdoa, meminta restu orang tua sebelum berangkat serta mempersiapkan Ujian Nasional dengan baik melalui kegiatan belajar.

Kamu juga perlu menjaga kesehatan badan dan ketenangan pikiran (jangan gugup atau gelisah) saat sedang menempuh Ujian Nasional. Jika, hal tersebut sudah kamu lakukan dengan baik maka kamu juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal yang mana hal tersebut sangat berguna untukmu ke depannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

0 Comments:

Post a Comment