Efektifkah Hasil Ujian Nasional Dalam Menentukan Prestasi Siswa?

Efektifkah Hasil Ujian Nasional Dalam Menentukan Prestasi Siswa - InfoSNMPTN.Com
Image by Karolina Grabowska from Pixabay 

Ada banyak cara untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam menempuh setiap mata pelajarannya. Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk mengetes prestasi akademik siswa adalah dengan nilai ujian.

Nilai tersebut bisa didapatkan melalui nilai ulangan harian, nilai pekerjaan rumah (PR), nilai ujian tengah semester, sampai nilai ujian semester. Nilai tersebut akan diolah dan digabungkan menjadi satu dan selanjutnya disebut sebagai nilai raport. Selain nilai raport ada juga nilai Ujian Nasional yang biasanya akan tertulis di Ijazah. Berbeda dengan nilai raport yang diukur per semester. Nilai ijazah hasil Ujian Nasional ini hanya ada 1 dan hanya dilakukan melalui sekali pengujian.

Lalu, bagaimana keefektifan Ujian Nasional dalam menentukan prestasi?

Sisi Baik Menjadikan Ujian Nasional Sebagai Penentu Prestasi Belajar

Sebagai Salah Satu Faktor Penerimaan Peserta Didik Baru

Nilai yang di dapat dari Ujian Nasional ini bisa dibilang sangat berguna terutama ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak sekolah di Indonesia yang mendasarkan penerimaan murid baru (PPDB) berdasarkan NIM atau nilai ijazahnya. Namun, ada pula sekolah yang mendasarkan penerimaan peserta didik baru melalui tes.

Meskipun begitu, nilai Ujian Nasional merupakan nilai yang sangat berpengaruh dalam menyaring siswa baru. Jika kamu mendapatkan nilai yang tinggi, maka kesempatanmu untuk diterima di sekolah favorit juga akan semakin tinggi.

Nilai Ujian Nasional itu Murni

Alasan kedua yang menjadikan Ujian Nasional adalah salah satu cara yang efektif dalam menentukan prestasi belajar adalah kemurnian nilainya. Nilai yang di dapat dari Ujian Nasional adalah nilai murni yang diperoleh siswa ketika mengerjakan soal. Tidak akan ada remidi dalam Ujian Nasional, selain itu hasil pencocokan nilai Ujian Nasional juga sangat valid mengingat nilainya dikoreksi menggunakan komputer dan dilakukan oleh pusat.

Kemurnian nilai tersebut sangat memungkinkan bagi siswa maupun sekolah untuk melihat nilai real atau nilai asli (murni) setiap siswa.

Soalnya dibuat Khusus oleh Para Profesional dan Disesuaikan

Soal Ujian Nasional itu dibuat oleh para ahli dalam bidang pendidikan. Selain itu, soal tersebut adalah soal yang sangat sesuai untuk setiap tingkatan siswa. Tim penyusun soal Ujian Nasional juga merupakan tim yang berpengalaman.

Setiap soal Ujian Nasional juga memiliki porsi tersendiri, seperti porsi (dalam persen) soal yang memiliki tingkat mudah, sedang hingga sulit. Soal tersebut tentunya juga sangat sesuai dengan apa yang telah dipelajari siswa.

Soalnya Tersedia Dalam Berbagai Paket

Salah satu alasan mengapa keefektifan Ujian Nasional dalam menentukan prestasi adalah hal baik, karena soal Ujian Nasional terdiri dari beberapa paket soal yang meminimalisir adanya tindak kecurangan yang akan dilakukan antar siswa.

Bukan hanya urutan soalnya yang diacak namun juga urutan pilihannya yang diacak. Selain itu, biasanya antar paket satu dengan yang lainnya akan ada beberapa soal yang berbeda.

Sisi Negatif Menjadikan Ujian Nasional Sebagai Penentu Prestasi

Ujian Nasional memanglah salah satu cara menentukan prestasi siswa yang cepat dan teruji. Namun, prestasi siswa baiknya tak hanya ditilik dari segi akademiknya saja. Ada berbagai hal yang sebaiknya juga diperhatikan semisal aspek sosial atau bakat dalam bidang seni maupun olahraga yang mana kedua hal tersebut tak bisa diukur secara langsung melalui Ujian Nasional.

Kesimpulan

Itulah beberapa sisi positif dan negatif menjadikan Ujian Nasional sebagai salah satu cara mengukur prestasi siswa. Semoga bermanfaat...


0 Comments:

Post a Comment