Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inovasi Ujian Nasional Berbasis Online

Inovasi Ujian Nasional Berbasis Online - InfoSNMPTN.Com
Image by Pexels from Pixabay 

Jika dulu Ujian Nasional dilaksanakan menggunakan LJK (Lembar Jawab Komputer) alias secara  tertulis maka sekarang Ujian Nasional telah berinovasi ke ranah Online alias Ujian Nasional Berbasis Komputer. Hal tersebut tak luput dari pengaruh perkembangan dunia teknologi yang semakin canggih.

Dengan adanya Ujian Nasional Berbasis Online melalui Komputer ini secara tak langsung pemerintah juga telah menghemat penggunaan kertas apalagi kertas Ujian Nasional adalah salah satu dokumen negara yang dirahasiakan sehingga hanya bisa digunakan sekali saja.

Bayangkan saja, apabila ada 100.000 murid dalam satu kecamatan yang akan menempuh Ujian Nasional. Tentunya, ada ratusan ribu kertas Ujian Nasional yang harus di edarkan. Apalagi Ujian Nasional diadakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Dengan Ujian Nasional Online ini pemerintah juga akan lebih menghemat budget. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan Ujian Nasional Online ini?

Kelebihan Ujian Nasional Online

Selain lebih menghemat kertas dan budget, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan Ujian Nasional dengan menggunakan media kertas. Salah satu contohnya adalah tidak adanya lagi kekhawatiran apakah pensil yang digunakannya asli atau tidak. Siswa juga tak perlu menjaga kualitas LJK ( Lembar Jawab Ujian) agar selalu bersih, rapi, tidak terlipat, bolong bahkan sobek di mana hal tersebut juga terkadang menjadi kendala.

Para siswa yang tengah mengikuti ujian juga akan lebih menghemat waktu karena tinggal klik jawaban. Tidak seperti Ujian di mana kamu harus melingkari jawaban atau memberikan tanda silang serapi mungkin yang  mana hal tersebut akan sangat memakan waktu.

Kelemahan Ujian Nasional Online (UNBK)

Setelah mengetahui kelebihan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ada baiknya kamu juga perlu mengetahui kelemahannya. Ya, hal tersebut tak mengherankan karena sebuah sistem pastinya memiliki beberapa kelemahan tapi hal tersebutlah yang mendorong semakin majunya suatu sistem. Kelemahan tersebut bisa semakin diminimalisir dengan adanya evaluasi.

Lalu, apa saja kelemahan Ujian Nasional Online (UNBK)? Salah satu kelemahan terbesar penerapan UNBK adalah masalah perangkatnya seperti komputer dan jaringan yang tersedia. Tidak memadainya kedua hal tersebut akan memberikan hambatan yang besar dalam menempuh UNBK.

Komputer yang akan digunakan untuk UNBK haruslah memenuhi standart agar bisa berfungsi secara optimal nantinya. Namun, tak semua sekolah di Indonesia memiliki perangkat yang memadai. Masih ada banyak sekolah yang menumpang ujian di sekolah lainnya. Selain itu, jumlah komputer yang terbatas membuat UNBK mau tak mau harus dilaksanakan dalam berbagai kloter atau tidak bisa serentak dilakukan di jam yang sama.

Selain itu, karena berbasis Online maka UNBK harus didukung dengan koneksi internet yang memadai. Internet tersebut sangat berguna dalam proses pengiriman data antara server dengan komputer yang digunakan siswa. Namun, tak semua area di Indonesia memiliki jaringan internet yang memadai.

Selain dua hal di atas, pemadaman listrik juga sangat mempengaruhi pelaksanaan UNBK. Siswa tak akan bisa menempuh UNBK apabila komputernya tidak menyala akibat adanya pemadaman listrik.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelemahan sekaligus kelebihan UNBK. Namun, kelemahan tersebut tak lantas membuat UNBK menjadi pilihan yang buruk. Justru, dengan adanya UNBK maka hal tersebut telah menandai adanya inovasi dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Asalkan peralatan yang dibutuhkan untuk UNBK bisa terpenuhi, maka UNBK akan lebih mempermudah siswa dalam mengerjakan soal Ujian Nasional. Semoga bermanfaat...


Post a Comment for "Inovasi Ujian Nasional Berbasis Online"