Kendala yang Sering Dialami Siswa Saat Menempuh Ujian Nasional

Kendala yang Sering Dialami Siswa Saat Menempuh Ujian Nasional - InfoSNMTPN.Com
Image by Thought Catalog from Pixabay

Ada banyak sekali kendala siswa dalam menempuh Ujian Nasional. Kendala tersebut bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal. Jika tak segera diatasi, maka kendala tersebut bisa menjadi hambatan yang mempersulit siswa ketika sedang menempuh Ujian Nasional.

Lalu, apa saja kendala siswa dalam menempuh Ujian Nasional tersebut? Yuk, simak uraiannya berikut ini :

Terlalu Gugup

Moment Ujian Nasional adalah salah satu moment yang cukup menengangkan mengingat hasil belajarmu selama bertahun tahun akan ditentukan dalam kurun waktu beberapa hari saja. Hal tersebut membuat kebanyakan siswa menjadi gugup.

Padahal, ketenangan sangatlah diperlukan ketika kamu mengerjakan Ujian Nasional. Dengan menjadi lebih tenang dan rileks kamu bisa mengerjakan Ujian Nasional dengan pikiran yang lebih jernih. Terlalu gugup justru akan membuatmu kesulitan mengerjakan soal bahkan soal yang sebenarnya mudah sekalipun.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa gugup tersebut? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa gugup ketika menempuh Ujian Nasional. Contohnya, kamu bisa menarik nafas dalam dalam dan menghitung mundur angka 5 sampai dengan 1. Kamu juga bisa berdoa terlebih dahulu untuk membuatmu merasa lebih tenang.

Kurang persiapan

Kurangnya persiapan akan membuatmu mengalami beberapa kendala dalam menempuh Ujian Nasional. Persiapan tersebut tak hanya masalah materi namun juga perlengkapan. So, untuk mengantisipasi hal tersebut ada baiknya apabila kamu mempersiapkan segala kebutuhan untuk Ujian Nasional dengan sebaik mungkin.

Rasa Malas

Kendala siswa dalam menempuh Ujian Nasional yang selanjutnya adalah adanya rasa malas. Rasa malas ini akan menghambatmu. Rasa malas ini akan membuatmu menunda segala persiapan yang harusnya sudah kamu lakukan untuk menghadapi Ujian Nasional, salah satunya adalah belajar.

Sebenarnya “malas” adalah sebuah hal yang wajar mengingat belajar kerap kali dianggap sebagai salah satu hal yang membosankan. Rasa malas tersebut semakin diperparah dengan adanya kecanduan gadget di mana siswa akan lebih senang bermain smartphone dibandingkan dengan belajar.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa malas ini? Berikut tipsnya :

1.   Buat Schedjule

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas ini adalah membuat schedjule atau jadwal kegiatan. Dengan adanya jadwal yang teratur, maka kamu tidak akan memiliki banyak waktu yang terbuang percuma. Namun, pastikan kamu harus mengikuti jadwal yang telah kamu buat. Sebaiknya kamu juga mengatur waktu belajar, istirahat, kegiatan sosial dan ibadah dengan porsi yang sesuai agar semuanya berjalan dengan seimbang.

2.   Jauhkan Gadget

Salah satu hal yang bisa membuatmu malas belajar adalah smartphone. Akan lebih baik apabila kamu menjauh dari gadget sejenak ketika kamu sedang belajar agar kamu bisa lebih fokus.

3.   Tentukan Tujuan

Cara mengatasi rasa malas yang ketiga adalah dengan menetapkan tujuan. Salah satu contoh tujuan adalah kamu harus mendapatkan nilai yang bagus agar bisa diterima di sekolah lanjutan. Tujuan yang kamu miliki akan semakin memotivasimu untuk mengusir jauh rasa malas tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa kendala yang sering dialami siswa ketika akan menempuh Ujian Nasional beserta tips untuk mengatasi kendala tersebut. Dengan meminimalisir kendala yang mungkin terjadi, kamu bisa mengerjakan ujian dengan lebih baik sehingga kamu juga bisa mendapatkan nilai yang baik. Dengan nilai yang baik kamu juga akan lebih mudah mencapai tujuanmu. Semoga bermanfaat...

 


0 Comments:

Post a Comment